Mengerjakan Website ini Mengajari Saya Banyak Hal

karena tidak ingin pengetahuan tentang akupineologi hilang begitu saja, saya mesti melakukan sesuatu. begitulah yg terpikir dalam benak saya di awal 2017

tadinya saya hanya ingin membuat e-book saja karena lebih gampang & lebih cepat. kamu hanya perlu menulis di Microsoft Word, kemudian dengan software tertentu membuat file Word tsb menjadi PDF

namun setelah dipikir-pikir lagi, dimana akan saya letakkan e-book tsb? saya ingin agar tulisan dalam e-book itu bisa menjangkau banyak orang. semua orang bisa mengunduhnya secara gratis. tidak dipungut biaya sama sekali

sempat saya pertimbangkan untuk menaruh e-book di blog seorang teman. blognya sangat ramai. dalam sehari bisa mendapatkan ribuan kunjungan

setelah saya utarakan maksud untuk menaruh e-book di blognya dan ia mengetahui apa isi e-book, ybs menolak. tidak sesuai dengan faham keagamaan saya dan bisa-bisa saya kehilangan pembaca setia blog

teman lain yg mengetahui hal ini kemudian memberi saran… kenapa tidak membuat blog sendiri? cara membuatnya gampang sekali

kemudian ia pinjamkan sebuah CD Tutorial cara membuat blog/website yg sebenarnya berorientasi pada pembuatan blog bisnis online. agak bingung juga mempelajarinya, tapi akhirnya saya mengerti

saya belajar tentang hosting & domain, memilih CMS, menginstall CMS di hosting, memasukkan themes & plugin, mengisi konten, dll

setelah ± 2 bulan mempelajari materi tsb, saya putuskan untuk menyewa hosting dan domain. saat memilih-milih layanan hosting, tiba-tiba mata saya tertumbuk pada wordpress.com

loh ternyata ada cara membuat website/blog secara gratis!

tentu aja fitur dan kebebasan menggunakan layanan gratisan tidak sebanyak jika kita menyewa tempat hosting dan domain sendiri

tapi karena pertimbangan kelanggengan konten / isi website (akan saya ceritakan nanti di Modul Pendahuluan) maka saya mantapkan saja memilih free wordpress.com

Belajar Membuat Static Home Page

bukan hanya belajar tentang hosting, domain, CMS, plugin… tapi saya juga belajar sesuatu yg lain. setelah saya mulai menuliskan materi akupineologi, ternyata materi tsb tidak pas jika ditulis dalam website yg berbentuk blog

kamu yg blogger pasti tahu, jika blog itu seperti diary. postingan tulisan kamu yg terakhir akan diletakkan di halaman depan yg bisa kamu atur isinya mau berapa postingan

kalo kamu atur 10 post, maka di halaman depan akan tampak 10 postingan terbaru. tulisan-tulisan lama akan “bergeser” ke halaman belakang

tapi dengan sifat blog yg dinamis itu, mempelajari akupineologi akan sangat membingungkan. jika saya meletakkan materi akupineologi dalam bentuk postingan, maka pembaca akan kebingungan mencari-cari materinya

solusinya?

Static Home Page. senang sekali saya menemukan solusi ini, karena dengan demikian para pembaca dapat menemukan materi yg saya tuliskan dengan mudah. saya menuliskan materi² tsb dalam bentuk modul

Belajar Edit Video

setelah masuk ke pembahasan Modul ke-2, barulah saya menyadari jika tutorial akupineologi akan jauh lebih mudah dipelajari jika menggunakan video

lagipula, CD Tutorial membuat online shop yg saya ceritakan di awal tulisan ini juga menggunakan video. saya cepat mengerti pembahasannya bukan hanya karena membaca dan melihat gambar tapi juga karena melihat videonya

oleh sebab itu, saya punya tugas baru. merekam video akupineologi, mengeditnya dan menguploadnya ke youtube lalu dari youtube dimasukkan lagi ke website

hmmm banyak sekali yg harus saya pelajari rupanya .. tapi saya sangat tertantang! pengetahuan akupineologi tidak boleh hilang. akan saya preservasi semua pengetahuan tsb dalam website ini

untuk sementara, inilah yg bisa saya ceritakan. saat tulisan ini dipublish (7 november 2017) saya baru saja masuk ke pembahasan Modul ke-5

saya baru merekam beberapa video sikap tangan akupineologi. saya belum sempat mengeditnya, nanti akan saya pelajari bagaimana hal tsb dilakukan

sementara itu, saya akan kembali fokus menulis untuk Modul ke-5

end of newsletter

 

Mari Berdiskusi

